Friday, January 27, 2012

Sholat Subuh dan Isya` disaksikan Malaikat…

" Dan laksanakanlah shalat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula sholat) Subuh. Sungguh Sholat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat)." (Al-Isra:78)


 

                                

                                 


 

    Assholaatukhorumminannauum….(Sholat itu lebih baik daripada tidur).

    Saat mendengar kalimat itu di pagi hari dan aku masih di kasur, itu artinya aku kesiangan karena melewatkan saat-sat terindah bersama RobbKu, Qiyamul Lail. Ada beberapa sebab sulitnya bangun malam diantaranya:

  • Kepadatan aktivitas disiang hari sehingga kelelahan dan sulit bangun malam.

    Karenanya untuk bisa bangun malam perlu memanage diri. Bukan berarti mengurangi aktivitas yang seharusnya kita lakuakan, lebih kepada menguarangi hal-hal yang tidak bermanfaat/sia-sia. Kadang diri ini lalai. Masih banyak menghabiskan waktu dengan hal kurang bermanfaat. "Aku tadi dapet apa ya", gumamku dalam hati saat 2 jam menghabiskan waktu dengan ONLINE.

        Rasul juga menuntunkan untuk tidur siang hari. 15 menit….saja, setelah Sholat Dhuhur akan mampu merefresh kembali pikiran dan fisik kita sehingga aktivitas berikutnya bisa lebih optimal. Pernah mendengar info dari TV, penelitian menyebutkan buruk" hwa tidur siang dapat menghapus memori buruk (aktivitas sebelumnya). "Memori buruk" kata-kata yang kurang enak didengar ya. Intinya merefresh.

    Untuk yang agendanya padat, diatur sendiri waktunya. Kalaupun tidak ada kesempatan, biasanya saya sekedar merebahakan punggung di didnding mushola/masjid sambil berdzikir sejenak. InsyaAlloh bisa fresh kembali.

  • Niat

    Karena siapa kita bangun? Meskipun berat, tapi Dialah motivasi tertinggi. ALLOH SWT.. Diri inipun harus dipaksa saat motivasi ini surut, sambil terus berdoa akan dikuatkan lagi motivasi yang luntur itu.

Ya, sholat subuh itu disaksikan malaikat. Pernah membaca dalam suatu kisah bahwa saat subuh ada pergantian shift jaga malaikat. Dan saat subuh, Malaikat I akan menuliskan bahwa "hambaMu kutinggalkan dalam keadaan sholat" Malaikat II mencatat dalam jurnal juga "hambaMu ini kudatangi dalam keadaan sholat". Dan itu salah satu yang menguatkanku juga untuk segera bangkit dari kasur!:)

    Di buku Super Health _Ega Nur Zaini masih banyak tips untuk mudah bangun malam.. InsyaAlloh to be continue.

Sahabatku,

SEMANGAT BERAKTIVITAS yah !J

Wassalam

No comments:

Post a Comment